Mari Dukung Pembangunan PAUD dan SD Hindu Wiyata Dharma

HinduMenulis – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Hindu secara nasional, salah satu faktornya adalah tersedianya infrastruktur yang memadai. Hal inilah yang tengah dilakukan oleh Yayasan Tri Bhuwana Tunggal Dewi dalam mengembangkan PAUD (KB-TD) dan SD Wiyata Dharma di Desa Kendarejo, Kec. Talun, Kab. Blitar, Jawa Timur.

Berikut ini merupakan latarbelakang, maksud dan tujuan, serta hasil yang diharapkan untuk pengembangan gedung PAUD (KB-TK) dan SD Wiyata DHarma.

LATARBELAKANG

Pendidikan Nasional dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk kualitas Sumber Daya Menusia (SDM) yang seutuhnya, yaitu manusia yang memiliki sraddha dan bhakti kepada Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, beretos kerja tinggi, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil sehat serta jasmani dan rohani.

Jalan dan tujuan tersebut di atas, berdasarkan tujuan peningkatan mutu pendidiklan, pemerataan pendidikan, efesiensi, dan efektifitas hasil pendidikan akan berhasil apaila dilakukan terencana, terarah, terukur, dan berkesinambungan yang di tunjang oleh adanya system pengorganisasian yang tepat serta sarana dan prasarana yang lengakap dan memadai.

Secara institusional pendidikan yang diselengarakan di PAUD (KB-TK) & SD Hindu Wiyata Dharma, Desa Kendalrejo, Kec. Talun, Kab. Blitar bertujuan untuk memberikan bekal yang cukup kepada peseta didik akan dapat melakukan pandidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam dimensi yang lebih luas.

Maka berdasarkan tujuan tersebut di atas, memuat 3 (tiga) yang di harapkan sebagai berikut

  1. Pemeratan dan peluasan pendidikan.
  2. Penigkatan mutu, relevansi pendidikan dan keseimbangan dalam mewujudkan pembangunan di tingkat pendidikan.
  3. Penigkatan manajemen pendidikan.

Sehingga upaya pencapaian tujuan pendidikan di tentukan oleh banyak faktor antara lain sarana dan prasarana, kondisi sosial ekonomi orang tua siswa, potensi guru dan metode guru yang di gunakan dalam proses pendidikan pemerintah terus menerus membenahi seluruh faktor yang mempengaruhi upaya penigkatan kualitas pendidikan tersebut.

Berdasarkan paparan di atas, dengan memperhatikan kondisi yang ada di PAUD (KB- TK) dan SD Hindu Wiyata Dharma, Desa Kendalrejo, Kec. Talun, Kab. Blitar, maka dengan program dan straregi yang telah disiapkan sudah barang tentu dengan keterbatasan angaran yang tersedia belum dapat tercapai dengan secara optimal, maka dengan mengajukan permuhonan bantuan dana pembangunan Sekolah ini diharapkan apa yang telah di programkan tersebut dapat tercapai secara optimal.

MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan program kerja untuk mendapatkan dana bantuan pembangunan ruang kelas baru ini diantara lain:

  1. Dapat memberikan solusi bagi terwujudnya program yang telah ditetapkan sehingga dapat tercapai pemerataan dan peluasan pendidikan bagi masyarakat sekitar.
  2. Membantu pemerintah menyediakan sarana pendidikan untuk memperluas peluang dan meningkatka belajar bagi masyarakat.
  3. Dengan tercapainnya pemerataan diatas diharapkan dapat memberikan peluang bagi strategi peningkatan mutu pendidikan di PAUD (KB-TK) & SD Hindu Wiyata Dharma.
  4. Membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berpancasila, berbudi pekerti luhur serta sehat jasmani social, cerdas dan terampil, sehingga mempu membangun dari keluarga dan bangsannya dengan harmonis.
  5. Untuk menciptakannya insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  6. Ikut berpatisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat untuk mencapai keadilan social menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur
  7. Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kemampuan dalam pencapaian optimalisasi hasil belajar mengajar
  8. Untuk meningkatkan efektifitas proses pendidikan
  9. Menambah daya tampung siswa

HASIL YANG DIHARAPKAN

  1. Memberikan kenyamanan belajar siswa
  2. Membantu kelancaran kegiatan KBM
  3. Memberikan bekal ilmu pada siswa dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Fasisilitas sarana dan prasarana belajar berfungsi sesui dengan fungsinya masing-masing
  5. Jumlah ruangan kelas sesuai dengan jumlah rombongan belajar

PROGRESS PEMBANGUNAN

(Gambar Bangunan Tampak Samping)
(Gambar Pembangunan Tampak Depan)
(Gambar Pembangunan Bagian Atas)

Bagi umat Hindu yang ingin membantu pembangunan gedung PAUD (KB-TK) dan SD Wiyata Dharma ini dapat menghubungi kontak person di bawah:

Ketua Yasayan Tri Bhuwana Tunggal Dewi

Sunarkolim, S.Ag, M.Pd
0857-8417-1217 (WA)

LINK DANA PUNIA

Bagikan

One thought on “Mari Dukung Pembangunan PAUD dan SD Hindu Wiyata Dharma

  1. Om Suastiastu,
    Bagus program ini min dalam upaya meningkatkan SDM Hindu yang Unggul, patut didukung. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *