Semarak Saka Yoga Festival Buperta Cibubur

Jakarta – Yoga sudah menjadi salah lifestyle masyarakat jaman now. Sebagian masyarakat bahkan sudah menjadikan yoga sebagai rutinitas yang harus dilakukan. Manfaat kesehatan yang diberikan dari beryoga memang menjadi salah satu alasan bagi masyarakat untuk terus menekuninya.
Pada tanggal 25 Maret 2018 yang lalu ribuan umat dari berbagai lintas agama bahkan ikut serta dalam Saka Yoga Festival yang diprakarsai oleh Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 khususnya Bidang Bhakti Sosial dan Kesehatan. Antusias masyarakat untuk hadir menunjukkan bahwa keinginan meraka untuk menjadikan tubuh sehat.
Saka Yoga Festival yang dihelat di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata (Buperta) Cibubur menjadi begitu monumental. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan Panitia Nasional Bidang Bhakti Sosial dan Kesehatan menarik perhatian umat untuk ikut serta hadir. Terlebih lagi pada saat itu Panitia turut menghadirkan Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farida Moeloek, SpM (K).
Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa yoga merupakan bagian dari pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Dalam program Germas yang dirancang Kementerian Kesehatan menekankan kepada beberpa hal pokok salah satunya yaitu aktivitas fisik.
(Baca: SASIHIRA: Sayembara Siswa Hindu Nusantara)

Dengan yoga ini tentunya masyarakat sudah melakukan aktivitas fisik. Menteri Kesehatan mengatakan, dengan melakukan kativitas fisik secara teratur dan terukur tentu akan menyehatkan fisik. Tapi, bukan hanya fisik saja, melalui yoga, mental spiritual masyarakat juga akan terbentuk.

Hal ini juga ditekankan Ketua Umum Pengursu Harian PHDI Pusat Bapak Wisnu Bawa Tenaya yang menyampaikan bahwa masyarakat khususnya umat Hindu harus menjaga kesehatan. Sehat jiwa dan raganya. Hal yang lebih penting untuk dijaga adalah etika moral dari masyarakat.

Melalui yoga inilah salah satu cara efektif untuk menyehatkan tubuh baik secara raga (badan) maupun jiwa (rohani). Dengan demikian akan terbentuk masyarakat yang penuh dengan kedamaian, keindahan, dan keharmonisan dalam hidupnya (humanis).
Semoga ke depan lebih banyak lagi masyarakat yang sadar dan peduli dengan kesehatan. Karena  kesehatan itu memang mahal. Dan yoga merupakan salah satu solusi untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.
Bagikan