SASIHIRA: Sayembara Siswa Hindu Nusantara

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (Janmadina) ke-1 Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara (PANDU NUSA), Panitia Sayembara Siswa Hindu Nusantara (SASIHIRA) tahun 2018 akan menyelenggarakan beberapa kegiatan lomba. Adapun serangkaian lomba yang akan memeriahkan Janmadina (HUT Ke-1) PANDU NUSA yaitu sebagai berikut:



Ragam Lomba

Panitia SASIHIRA akan menyelenggarakan beberapa cabang lomba untuk memeriahkan HUT Ke-1 PANDU NUSA diantaranya, yaitu:

Lomba Menulis Artikel
Lomba menulis artikel bagi siswa/i Hindu setinggat SMA/SMK.
Ketentuan lomba sebagai berikut:
  1. Peserta adalah siswa/i Hindu yang tercatat sebagai peserta didik jenjang SMA/SMK atau sisya Uttama Widya Pasraman pada tahun pelajaran 2017/2018.
  2. Peserta mengirimkan biodata peserta yang berisi (Nama Lengkap, NIS/NISN, Nama dan Alamat Sekolah/Pasraman) dan melampirkan salinan kartu pelajarnya pada email dan dikirimkan ke email panitia: sasihira@pandunusa.org.
  3. Artikel merupakan artikel Hindu dikemas dalam bentuk tulisan ilmiah populer.
  4. Sistematika penulisan terdiri atas Bagian Pengantar/Pendahuluan (tanpa subjudul “Pengantar/Pendahuluan”), bagian isi, dan bagian penutup (tanpa subjudul “Penutup”).
  5. Artikel bertemakan: “Menguatkan Sraddha Generasi Hindu di Era Global” (diutamakan yang ada referensi sastra dan susastra Hindunya). Boleh ditambahkan sharing pengalaman pribadi tentang tindakan yang pernah dilakukan terkait dengan tema.
  6. Artikel adalah hasil karya sendiri dan bukan plagiat (jika terbukti plagiat Panitia akan mendiskualifikasi peserta yang bersangkutan).
  7. Panjang artikel maksimal 8.000 karakter.
  8. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan komunikatif
  9. Peserta wajib meng-add account FB PANDU NUSA (dengan link: https://www.facebook.com/pandu.nusa.988).
  10. Setelah itu peserta wajib mengupload artikel  ke  wall/dinding FB-nya masing-masing dan men-tag atau membagikannya ke FB PANDU NUSA.
  11. Selanjutnya peserta wajib mengirim salinannya artikel tersebut ke email: sasihira@pandunusa.org. 

Ketentuan khusus sebagai berikut:

  1. Setiap peserta atau publik bisa melaporkan artikel salah satu peserta (peserta lain) yang ditengarai merupakan plagiat kepada Panitia Sasihira dengan melampirkan bukti-bukti yang menguatkan. Laporan tentang plagiasi ilmiah ini sudah harus masuk ke email panitia atau FB PANDU NUSA selambat-lambatnya sehari sebelum Pengumuman Pemenang.
  2. Peserta yang terbukti melakukan plagiasi akan didiskualifikasi dan tidak berhak mengikuti SASIHIRA.
  3. Artikel dalam format  word-pdf  dikirim  via  email  (sebagai lampiran/attachment) ke  alamat sasihira@pandunusa.org selambat-lambatnya  tanggal  9 Juli 2018, bersubjek “LIKHA@SASIHIRA”

(Baca: Semarak Saka Yoga Festival Buperta Cibubur)

Lomba Membuat Citralekha

Lomba membuat Citralekha adalah lomba membuat kaligrafis Hindu dengan huruf Dewanagari bagi siswa/i Hindu tingkat SMP.
Persyaratan lomba sebagai berikut:
  1. Peserta adalah siswa Hindu tercatat sebagai peserta didik jenjang SMP atau sisya Madya Widya Pasraman pada tahun pelajaran 2017/2018.
  2. Peserta mengirimkan biodata peserta yang berisi (Nama Lengkap, NIS/NISN, Nama dan Alamat Sekolah/Pasraman) dan melampirkan salinan kartu pelajarnya pada email dan dikirimkan ke email panitia: sasihira@pandunusa.org.

Ketentuan lomba sebagai berikut:

  1. Citralekha dibuat dengan tulisan Dewanagari yang menyerupai wujud tertentu atau gambar (bukan gambar yang diberi tulisan) dengan menggunakan tinta warna hitam (tidak boleh berwarna).
  2. Gambar bisa berupa gambar dewa atau ornamen yang terkait dengan agama Hindu.
  3. Isi tulisan bisa berupa mantra atau sloka yang bersumber dari sastra dan susastra Weda yang terkait dengan bentuk wujud gambar yang digrafiskan.
  4. Citralekha adalah hasil karya sendiri dan bukan plagiat.
  5. Citralekha menggunakan Kertas Manila Ukuran A4 (21 cm x 33 cm, bisa portrait atau landscape).
  6. Peserta harus memberikan ulasan terhadap Citralekha tersebut antara 200-300 kata pada kertas HVS tersendiri (ukuran A4).
  7. Peserta wajib meng-add FB PANDU NUSA (dengan link: www.facebook.com/pandu.nusa.988).
  8. Selanjutnya peserta wajib  mengupload hasil karya citralekha tersebut ke  account FB-nya masing-masing dan men-tag atau membagikannya ke FB PANDU NUSA.
  9. Setelah itu salinan artikel berbentuk sofcopy dengan format Word/PDF dikirim ke email: sasihira@pandunusa.org.

Ketentuan Khusus sebagai berikut:

  1. Setiap peserta atau publik bisa melaporkan citralekha salah satu peserta (peserta lain) yang ditengarai merupakan plagiat kepada Panitia Sasihira dengan melampirkan bukti-bukti yang menguatkan. Laporan tentang plagiasi ini sudah harus masuk ke email panitia atau FB PANDU NUSA selambat-lambatnya sehari sebelum Pengumuman Pemenang.
  2. Peserta yang terbukti melakukan plagiasi akan didiskualifikasi dan tidak berhak mengikuti SASIHIRA.
  3. Hasil karya Citralekha dikirim dalam format jpg/pdf (bisa difoto/scan) dikirim  via  email  ke  alamat sayembara@pandunusa.org selambat-lambatnya  tanggal  9 Juli 2018, bersubjek “CITRALEKHA@SASIHIRA”
Lomba Menggambar Dewa-Dewa Hindu
Lomba menggambar Dewa-Dewa Hindu bagi siswa/i Hindu tingkat SD.
Persyaratan lomba sebagai berikut:
  1. Peserta adalah siswa Hindu tercatat sebagai peserta didik jenjang SD atau sisya Adi Widya Pasraman pada tahun pelajaran 2017/2018.
  2. Peserta mengirimkan biodata peserta yang berisi (Nama Lengkap, NIS/NISN, Nama dan Alamat Sekolah/Pasraman) dan melampirkan salinan kartu pelajarnya pada email dan dikirimkan ke email panitia: sayembara@pandunusa.org

Ketentuan lomba sebagai berikut:

  1. Peserta menggambar salah satu Dewa dalam Hindu (boleh menggunakan pewarna).
  2. Gambar adalah hasil karya sendiri, bukan plagiat.
  3. Gambar menggunakan Kertas Manila Ukuran A4 (21 cm x 33 cm, bisa portrait atau landscape).
  4. Peserta harus memberikan ulasan singkat terhadap gambar tersebut (maksimal 100 kata).

Ketentuan khusus sebagai berikut:

  1. Peserta mengirimkan hasil karyanya (hardcopy) ke Jl. Anggrek Neli Murni Blok A No.3 Slipi, Jakarta Barat atau bisa melalui Guru Agama Hindu/Guru Pasraman yang ada di PW/PD PANDU NUSA di masing-masing daerah selambat-lambatnya tanggal 9 Juli 2018 (Untuk yang dalam bentuk softcopy bisa dikirimkan lebih dahulu).
  2. Hasil karya citralekha dikirim dalam format jpg/pdf (bisa difoto/scan) dikirim  via  email  ke  alamat sayembara@pandunusa.org selambat-lambatnya  tanggal  9 Juli 2018, bersubjek “DEWALIKHA@SASIHIRA”.

Cara Pendaftaraan

  1. Peserta bisa mendaftar secara mandiri (online) melalui form pendaftaran pada website: www.pandunusa.org.
  2. Peserta juga bisa mendaftar secara massal dengan dikoordinasikan oleh guru agama Hindu (Guru Pasraman) masing-masing.
  3. Peserta yang sudah mendaftar diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran dengan rincian: @Rp. 20.000,- (untuk tingkat SD); @35.000,- (untuk tingkat SMP); dan @Rp.50.000,- (untuk tingkat SMA).
  4. Biaya pendaftaran bisa dikirimkan ke Rekening BRI Nomor: 1235-01-000832-56-0 atas nama “Perkumpulan Acarya Hindu Nusantara”.
  5. Salinan bukti transfer bisa dikirim bersama-sama karya yang dilombakan ke email: sasihira@pandunusa.org atau diinbox ke FB PANDU NUSA dengan menyertakan nama peserta dan asal sekolah/pasraman.
  6. Calon Peserta akan sah menjadi peserta dan karya yang dikirimkan berhak untuk diikutkan lomba jika peserta sudah uang pendaftaran sudah diterima oleh Panitia.
  7. Pembayaran uang pendaftaran disarankan secara kolektif melalui guru Agama Hindu/guru pasraman masing-masing atau PD/PW PANDU NUSA di daerahnya.

Hadiah Lomba

Bagi siswa/i Hindu yang berhasil keluar sebagai pemenang, Panitia SASIHIRA akan memberikan sejumlah hadiah dengan rincian sebagai berikut:
Menulis Artikel
  1. Juara I: Uang Pembinaan sebesar Rp. 1.000.000,- dan Piagam Penghargaan.
  2. Juara II: Uang Pembinaan Rp. 750.000,- dan Piagam Penghargaan.
  3. Juara III: Uang Pembinaan Rp 500.000,- dan Piagam Penghargaan.
  4. Tulisan favorit dengan dasar penilaian dari jumlah like dan isi komentar akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 250.000,-

Lomba Citralekha

  1. Juara I: Uang Pembinaan sebesar Rp. 800.000,- dan Piagam Penghargaan.
  2. Juara II: Uang Pembinaan Rp. 600.000,- dan Piagam Penghargaan.
  3. Juara III: Uang Pembinaan Rp 400.000,- dan Piagam Penghargaan.
  4. Citralekha favorit dengan dasar penilaian dari  jumlah like dan isi komentar akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 200.000,-

Lomba Menggambar Dewa Hindu

  1. Juara I: Uang Pembinaan sebesar Rp. 700.000,- dan Piagam Penghargaan.
  2. Juara II: Uang Pembinaan Rp. 500.000,- dan Piagam Penghargaan.
  3. Juara III: Uang Pembinaan Rp 300.000,- dan Piagam Penghargaan
Ketentuan Lain
  1. Juri pada lomba ini adalah mereka dari kalangan PHDI, akademisi, jurnalis Hindu, seniman Hindu, dan para pakar Hindu yang berkompeten sesuai bidang lomba.
  2. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.
  3. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2018
  4. Hadiah lomba  akan  dikirim melalui rekening peserta.

(Baca: KARTINI: Habis Gelap Terbitlah Terang)

Untuk siswa/i atau yang ingin mendafatar atau Guru Agama Hindu yang ingin mendaftarkan siswa/i nya yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan detail silahkan menghubungi atau kunjungi link di bawah ini:

Twitter: twitter.com/PpPandunusa
Email: pp.pandunusa@gmail.com atau sasihira@pandunusa.org
Kontak sebagai berikut:
Komang Susila: 087887256223
Miswanto: 081336399693
IGN Suardeyasa: 083117507069
Support by: PANDU NUSA
Bagikan