Perbedaan adalah Warna-Warni Bangsa

“Lihat kebun ku penuh dengan bunga
Ada yang merah dan ada yang putih,
Setiap hari ku siram semua,
Mawar melati semuanya indah” 
 
Teringat sewaktu masa kecil ketika pertama kali berada dibangku sekolah. Sebelum memulai pelajaran atau sebelum kita pulang, guru pasti akan meminta setiap muridnya untuk bernyanyi. Untuk menghibur kah? atau melatih mental? nampaknya bukan hanya sekadar itu.
 
(Gambar Istimewa)
 

Coba kita resapi dengan seksama kandungan nilai yang tersirat dalam lagu itu. Secara tidak sadar dari kecil kita sudah diajarkan agar menghargai perbedaan yang ada. Bagaikan sebuah taman yang ditumbuhi bunga dengan beraneka macam warnanya. Sehingga nampak indah bila dipandang mata.

Keindahan bunga dengan beragam warna tersebut tidak akan nampak bila tidak kita rawat, kita siram, dan kita pupuk. Begitu pulalah dengan bangsa Indonesia dengan keberagamannya. Ada banyak suku, agama, ras, dan antar golongan yang ada. Hal ini harus kita jaga, kita rawat, kita siram dan kita pupuk dengan rasa saling menghargai, saling menghormati dengan sesama. Sehingga dengan hal itu keindahan warna-warni bangsa ini akan kita nikmati bersama dalam hidup ini.

Mari kita hargai perbedaan yang ada. Jangan karena berbeda lantas kita terpecah belah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perbedaan dan menjungjung tinggi rasa persaudaraan.

Salam kebhinekaan.  

Bagikan